The Shawshank Redemption(1994) SPOILER ALERT

by - Desember 07, 2016



Shawshank  Redemption(1994)
Director      : Frank Darabont
Starring by :  
·         Tim Robbins as Andy Dufresne
·         Morgan Freeman as Ellis Boyd 'Red' Redding
·         Bob Gunton as Warden Norton
·         William Sadler as Heywood
·         And many more.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama dari Stephen King yang sampai saat ini masih menduduki peringkat satu IMDb sebagai film yang paling populer.  Film ini mendapatkan piala Oscar dan beberapa penghargaan lainnya.
 Kenapa film ini layak untuk ditonton?  Because this movie is full of moral values.


Sinopsis
Andy Dufresne adalah seorang banker dan mempunyai istri yang cantik. Hidup yang seharusnya berjalan indah harus berakhir setelah Andy melihat istrinya berselingkuh dengan temannya sendiri. Andy merasa sakit hati dan berniat membunuh mereka,tetapi hal itu tidak sampai terjadi karena isteri dan selingkuhannya telah ditemukan tewas karena tembakan.
Polisi langsung mencurigai Andy sebagai tersangka karena Andy-lah yang paling termotivasi membunuh mereka. Andy tidak bisa membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah,ditambah pengacara dari pihak korban sangat menjatuhkan Andy. Andy harus menjalani hidup barunya di penjara bernama Shawshank.

Di Shawshank,kehidupan Andy berubah total dan dia harus beradaptasi dengan kehidupan penjara yang kejam. Andy bertemu musuhnya yang menamai diri mereka sebagai ‘The Sisters’. Tapi,hidup Andy berubah semenjak berkenalan dengan Ellis,tahanan yang sudah beberapa kali ditolak untuk bebas dari penjara. Andy yang awalnya dikenal dingin dan suka menyendiri,akhirnya berteman dengan Ellis dan kawan-kawan.



                             (Andy and Ellis)

Saat salah seorang sipir mendapatkan bantuan dari Andy untuk masalah keuangan,Andy dikenal sebagai pengatur keuangan di Shawshank,kepintaran Andy yang luar biasa bisa menolong masalah keuangan para sipir maupun tahanan,hingga pemimpin Shawshank. Andy juga berkontribusi pada pendidikan,awalnya dia membantu Brooks sebagai pengurus perpustakaan hingga akhirnya memperbesar perpustakaan dan membuka sekolah kecil-kecilan di dalam penjara.

Comments :
Setelah selesai menonton film ini,satu hal yang saya katakan,”Luar Biasa! What a great story” . film ini dikemas dengan apik dari awal hingga akhir. Penonton pasti tidak akan menyangka akhir dari cerita film ini,melihat begitu cerdasnya Andy hingga bisa membalaskan dendamnya selama di penjara.

momen ketika Brook bebas dari penjara dan pada akhirnya harus mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.


Dari awal kedatangannya di Shawshank,Andy sudah merencanakan cara agar bisa keluar dari penjara itu,namun tidak ada yang menyadarinya. Andy memulai dengan membaca Kitab,tapi siapa menyangka,Andy menyimpan pisau di dalam Kitab itu untuk menghancurkan tembok selnya. Andy juga meminta sebuah poster artis wanita kepada Ellis,awalnya Ellis mengira itu hanya untuk menghibur dirinya,tetapi ternyata itu adalah cara agar bisa menutupi lubang yang dibuat Andy selama bertahun-tahun.



momen ketika Warden mengetahui cara Andy keluar


Andy keluar bukan tanpa menghasilkan sesuatu. Dia meninggalkan masalah pada Warden yang sudah menggelapkan banyak uang,Warden juga telah melakukan kekerasan pada tahanan dan membunuh salah satu tahanan yang mengetahui siapa pembunuh isteri dan selingkuhan isteri Andy sesungguhnya. Akhirnya Warden frustasi,merasa nama baiknya akan tercoreng. Sebelum dibekuk oleh yang berwenang,Warden memutuskan untuk bunuh diri. 


momen ketika Andy berhasil keluar dari penjara setelah perjuangan yang sangat keras


Pelajaran dari film ini,kita tidak boleh patah semangat setelah mendapatkan bencana yang besar dalam hidup. Hidup harus terus berjalan. Seperti Andy yang menghadapinya dengan tenang dan berpikir untuk kedepannya. Meskipun Andy sempat frustasi,apalagi setelah dia mendapatkan siapa pembunuh sebenarnya,tetapi dia tetap tidak cukup bukti bahkan tahanan yang mengetahui hal itu dibunuh,Andy seolah kehilangan arah. Tetapi dia terus menjalankan rencananya dan membalaskan dendamnya selama di Shawshank. Film ini juga mengajarkan tentang berartinya arti persahabatan. Persahabatan Andy dan Ellis terjalin hingga mereka keluar dari penjara dan menjalani hidup bersama. 
satu hal lagi yang saya dapatkan di film ini adalah,di film ini hampir bahkan tidak ada peran wanita satupun yang mencolok,hanya dibagian awal ketika ada peran isterinya!


You May Also Like

0 komentar