Dead Poets Society(1989) NO SPOILER

by - Agustus 01, 2017





 Dead Poets Society(1989)


Sutradara  : Peter Weir
Penulis      : Tom Shculman
Awards      : Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen (Academy Award)
Pemain      : Robin Williams, Robert Sean Leonard, Ethan Hawke,  Josh Charles,and many more.


Film yang liris tahun 1989 ini termasuk film yang menurut saya menginspirasi dunia pendidikan karena gaya mengajar salah satu guru di sebuah sekolah. Kemudian, bagi yang dulunya sekolah boarding alias asrama mungkin akan sedikit mengingatkan memori tentang kehidupan asrama karena setting utamanya adalah asrama sekolah. Awalnya niat nonton film ini karena yang main adalah Ethan Hawke dan ternyata film ini bagus untuk menumbuhkan jiwa belajar seseorang dan mengubah pola pikir yang kekuno-an tentang belajar. Tambahan, ini juga lumayan bagus buat yang suka sastra.

SINOPSIS
Berlatar tahun 1959 di Vermont boarding school Welton Academy yang telah dikenal luas sebagai salah satu sekolah boarding terbaik di Amerika. Sekolah itu telah berhasil menghasilkan alumni yang berkualitas dan peluang masuk Ivy League( Harvard, Yale, Columbia, Brown dan lain-lain) sangat besar. Pihak sekolah sangat menjunjung tinggi pilar sekolahnya. Kemudian masuklah seorang murid yang sangat-sangat pendiam bernama Todd Anderson(Ethan Hawke) yang kakaknya juga alumni terbaik disana. Todd bertemu dengan Neil Perry yang pintar diberbagai mata pelajaran dan sangat dibanggakan orang tuanya, Knox Overstreet, Charlie Dalton, Richard Cameron, Steve Meeks dan Gerald Pitts. Karena Perry dkk orangnya humble jadi mudah menerima Todd sebagai bagian dari mereka. 

                                       (Todd, Neil, Knox, Charlie, Steve, Gerald and other)

Dihari pertama sekolah, kelas Todd dkk dikejutkan dengan kedatangan seorang guru sastra bernama John Keating(Robbin Williams). Dia kebetulan juga alumni sekolah itu dan mengajar menggantikan seorang guru. Hari pertama sekolah banyak kejadian-kejadian aneh yang mungkin bagi murid tahun 50an agak bertolak belakang. Kelas yang seharusnya berjalan rapi dan teratur, berbeda dengan yang dilakukan John Keating. Ia seolah mengajarkan cara memberontak di kelas dan melawan sistem-sistem yang tidak sesuai di sekolah(contohnya naik ke meja) John memperkenalkan dirinya sebagai 'capten o capten' dan murid-murid mulai memanggilnya seperti itu. Ia juga memperkenalkan istilah 'carpe diem' yang artinya 'petiklah hari ini', seperti 'gunakanlah hari ini sebaik mungkin dan jangan menyia-nyiakan kesempatan'.
Suatu hari, karena rasa penasaran Neil Perry terhadap John Keating, ia akhirnya mencari buku John sewaktu sekolah dulu. Awalnya Neil hanya berniat mengejek John namun ia menemukan istilah 'Dead Poets Society' di buku dan menanyakannya. Ternyata Dead Poets Society adalah sekumpulan John dan teman-temannya yang menyukai puisi. Mereka berkumpul setiap malam hari di sebuah gua dan bergantian membacakan puisi dari karya-karya pengarang terkenal seperti Shakerspeare. Neil Perry yang memiliki rasa penasaran yang tinggi akhirnya mengajak teman-temannya termasuk Todd(yang awalnya menolak karena tidak bisa membaca di depan umum) untuk bergabung. Mereka nekad keluar dari asrama ketika jam tidur. Cerita pada Dead Poets Society pun dimulai.

COMMENTS

Honestly, film ini benar-benar bagus dan lumayan menguras emosi jika ditonton sampai habis terutama bagi anak asrama yang sepertinya juga merasakan sistem sekolah yang kadang 'tidak adil'. Karakternya juga kuat, akting Robbin Williams sebagai guru yang punya pengaruh besar terhadap murid-muridnya sangat menyentuh. Ia mengajarkan dasar kehidupan dan bermimpi yang 'nekad' itu adalah harus dan disertai aksinya juga. Orang tua juga disarankan menonton ini agar mengerti apa yang sebenarnya seorang remaja inginkan demi impian mereka dan bukan hanya tentang impian orang tua. For your information, film ini mudah di streaming, so happy watching!


"CARPE DIEM, SEIZE THE DAY BOYS, MAKE YOUR LIVES EXTRAORDINARY"-
 JOHN KEATING.

sumber : IMDb and google images.

You May Also Like

0 komentar